Siapkan Generasi Qurani, 10 Tips Cinta Al Quran

Notification

×

Iklan

Iklan

Siapkan Generasi Qurani, 10 Tips Cinta Al Quran

Rabu, 04 Januari 2023 | 09:30 WIB Last Updated 2023-01-05T08:18:16Z




Kita percaya pada Al Quran sebagai pedoman hidup dan rujukan dalam segala hal. Namun, percaya adalah satu hal, dan perasaan terhubung dengan Al-Qur’an adalah soal lain.


Kita tahu pentingnya Al-Quran, tetapi secara praktis, seolah merasa tidak dapat terhubung dengannya dan berhubungan pada tingkat yang sangat personal. Padahal Nabi telah berpesan agar segenap umat Islam terus-menerus terhubung dengan Quran dan merasakan kesannya.


Di bawah ini terdapat beberapa tips yang dapat membantu kita untuk membuat koneksi dengan Quran. Jika kita tetap konsisten, kita akan dapat melanjutkan dan meningkatkan koneksi ini dari waktu ke waktu. Seiring waktu, kita akan mengembangkan kecintaan yang mendalam pada firman Allah dan akan merasa kehilangan dan hampa pada hari-hari ketika kita tidak mengambil Al Quran dan membacanya atau tidak mendengarkannya.


1. Ambil Al-Quran!


Mengambil Al Quran adalah langkah pertama, tetapi bagi banyak orang hal ini satu dari sekaian aspek yang paling sulit! Coba kita lepaskan dan ambil Al Quran dari rak buku, singkirkan debu-debu yang menempel, dan simpan di area yang mudah diakses. Kita harus membiasakan kulit tangan kita merasakan Al Quran, dan melihatnya dari dekat. Jika Al Quran selalu terlihat, kemungkinan besar kita akan mengambil lalu membacanya.


2. Mulai Membaca


Mulailah dengan beberapa ayat atau hanya setengah halaman. Tetapi pastikan bahwa kita membaca setiap hari dan lakukan secara konsisten. Ingat, konsistensi adalah kunci untuk membangun kebiasaan. Agar konsisten, ajak orang lain agar kelak dapat saling mengingatkan. Menurut kami, saat setelah salat Subuh dan Maghrib dapat dipilih sebagai waktu yang pas untuk membaca Al Quran.


3. Menulis Catatan


Tren baru yang hebat belakangan ini adalah apa yang disebut dengan Quran Journaling, yaitu membaca satu ayat Al Quran dan kemudian menulis beberapa catatan tentang apa arti dari suatu kata, lalu menghubungkannya dengan realitas kehidupan kita, serta bagaimana dapat menerapkannya. Beberapa orang malah membubuhi keterangan, mewarnai dan menyorot catatan mereka dan membuat infografis visual.


4. Pelajari Tajwid yang Benar


Selain membaca dan merenungkan, Al Quran adalah kitab yang dimaksudkan untuk dibaca. Berusahalah secara sadar untuk belajar tajwid dengan mencari guru, atau menonton video di youtube. Berusaha! Ini akan dimulai dengan cukup sulit, tetapi seiring waktu kita akan menikmati keindahan membaca Al Quran.


5. Belajar Tafsir


Al-Qur’an adalah firman Tuhan, dan tidak perlu dikatakan lagi bahwa firman Tuhan sangat mendalam dan abadi, jadi memahaminya membutuhkan menyelam lebih dalam ke makna di balik kata-kata itu. Dengan membaca kitab-kitab tafsir, kita akan merasakan alasan mengapa ayat-ayat itu diturunkan, konteks historisnya, serta hukum-hukum yang menyertainya. Ini tidak hanya akan membantu kita memahami mengapa ayat-ayat tersebut mengatakan apa yang mereka katakan, tetapi juga bagaimana mereka dapat berhubungan dengan kehidupan kita sendiri.


6. Belajar Bahasa Arab


Mirip dengan sebelumnya, salah satu cara terbaik untuk terhubung dengan makna Al Quran yang lebih dalam adalah dengan belajar bahasa Arab. Jangan khawatir! Ini kedengarannya menakutkan, tetapi lakukan satu langkah demi langkah. Bahkan mempelajari beberapa kata kunci akan membantu kita memahami bagian-bagian dari Quran saat membaca, dan sebagai bonus epik, akan meningkatkan fokus kita selama salat!


7. Bergabung dengan Kelompok Studi Quran


Kita tahu betapa sulitnya menemukan motivasi melakukan ini sendiri, jadi salah satu saran terbaik yang bisa saya berikan adalah bergabung dengan kelompok belajar lokal. Tanyakan kepada Masjid, kelompok pemuda, atau komunitas pelajar setempat tentang apa yang tersedia dan hadiri secara teratur. Bonusnya adalah kita akan mendapatkan banyak teman hebat dalam prosesnya.


8. Unduh Aplikasi


Karena kita selalu dalam perjalanan atau sibuk dalam pekerjaan, mungkin sulit untuk menemukan waktu untuk duduk dan membuka salinan fisik Al Quran. Ini seharusnya tidak menjadi alasan untuk melewatkan membaca beberapa ayat per hari. Temukan aplikasi yang kita sukai yang dapat kita gunakan untuk mendengarkan Al-Qur’an, letakkan di layar beranda ponsel, dan gunakan waktu luang untuk membuka aplikasi dan membacanya.


9. Mendengarkan Bacaan Al Quran


Cara terbaik untuk jatuh cinta dengan Al Quran selain membacanya adalah dengan mendengarkan secara teratur. Ini tidak hanya akan membantu kita dengan Tajwid, tetapi juga akan merasakan kedamaian, ketenangan dan ketenangan saat mendengarkan.


10. Mulai Menghafal


Setelah kita mulai membangun hubungan yang lebih baik dengan Al Quran, kita harus membiasakan diri menghafal sebagian kecil Al Quran. Mulailah dari Juz ke-30 (bagian) dan pilih beberapa Surah kecil untuk memulai. Kita tidak hanya akan memiliki lebih banyak ayat untuk dibaca selama salat, tetapi menghafal surat-surat ini akan membuat kita tetap terhubung dengan Al Quran.


Apa yang dikemukakan di atas hanya beberapa tips yang akan membantu kita agar terus terhubung dengan Al Quran. Ada saatnya kita mungkin lupa atau tidak punya waktu, tapi niat serta ikhtiar adalah yang terpenting. Ingatlah bahwa Allah (swt) memberi kita harapan ketika Dia memberi tahu kita bahwa ketika kita melangkah ke arah-Nya, Dia mengambil langkah yang lebih besar, dan jika kita datang kepada-Nya dengan berjalan, Dia datang kepada kita dengan berlari!


Segera lakukan langkah pertama: Ambil Quran Anda!